SERI PENELITIAN & OBSERVASI MAHASISWA NO.3, 2025
Kontributor: Agisha Aulia Anindita; Ana Nur Aida; Antonia Lucretia Wijaya; Hara Widyarista Siregar; Novia Aulia Rahmah; Oktavia Mirda Dwi Sapitri; Deva Syar’iffatus Inaya; Iza Rufaidah; Agata Rahman Arya M; Wanda Laila Nur Azizah; Aqila Hanifa Putri; Amrina Rosyada; Asty Dwi Silviana; Zahra Putri Yega; Clarissa Ardelia; Moreno Hartanto; Nabila Rizki Ramadhani; Banna Himmatul Ulya; Alsya Putri Eryanto; Najwa Nazhira Salsabillah; Manzilatul RIzqi Hananiah; Meutia Rifqatul Laily; Puspa Lydia Anindhita; Khoiriana Hanifah Insani; Auliya Balqis Rinally; Nayla Dwinov Saputro; Nur Hikmah Rosyadi; Rizky Putra Tantono; Dini Nurin Alfiyah; Annida Fathiyyah Nahdah; Nadia Alfi Husna Damayanti; Hafidazun Nor Aisyah; Nasyifah Khairish Fauziah; Naura Fatin Buwana; Ghina Widhyadari Bahri; Mohamad Rifan
Kata Pengantar: Galieh Damayanti, S.H., M.H.
Karya ini merupakan hasil refleksi akademik yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dalam analisis berbagai permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, khususnya dalam konteks kehidupan bernegara dan kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila di perguruan tinggi, khususnya di Universitas Brawijaya, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter mahasiswa sebagai warga negara yang kritis, berwawasan kebangsaan, dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Dimensi pembelajaran dalam mata kuliah ini meliputi aspek historis, filosofis, normatif, dan implementatif dari Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Dengan demikian, kajian dalam kompilasi ini tidak hanya memperkuat pemahaman konseptual mahasiswa tetapi juga mendorong mereka untuk mengembangkan solusi kebijakan berbasis Pancasila terhadap berbagai isu sosial yang berkembang. Dalam kompilasi ini, mahasiswa menyoroti berbagai permasalahan kebangsaan yang erat kaitannya dengan nilai-nilai Pancasila dan kewarganegaraan.
Beberapa topik yang diangkat mencerminkan realitas sosial yang membutuhkan perhatian akademik dan kebijakan, antara lain:
1) Peningkatan Kesadaran Edukasi tentang Kesehatan Mental Remaja di Indonesia, Khususnya di Dunia Perkuliahan
2) Dilema HAM dan Keamanan Nasional dalam Penanganan Isu Radikalisme di Indonesia Berbasis Hukum dan Implementasi Nilai Pancasila
3) Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Malang: Pencegahan dan Penanganan
4) Peningkatan Distribusi Tenaga Kesehatan: Kebijakan Insentif untuk Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)
5) Menjaga Kesehatan Mental dalam Menghadapi Beban Akademik dan Tantangan Ospek sebagai Bentuk Dukungan untuk Mahasiswa Kedokteran FK UB
6) Pentingnya Peningkatan Kesadaran Mengenai Gizi Buruk pada Anak di Indonesia
Melalui penelitian ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya memahami tantangan kebangsaan secara akademik tetapi juga mampu menawarkan solusi yang selaras dengan prinsip-prinsip keadilan sosial, persatuan, dan kesejahteraan umum yang menjadi ruh dari Pancasila. Harapannya, kompilasi ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan wawasan kebangsaan serta menjadi bahan refleksi bagi pemangku kebijakan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi dalam penelitian ini, serta kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya proses pembelajaran Pendidikan Pancasila di Universitas Brawijaya.
Leave a Reply