POLICY BRIEF: HASIL OBSERVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI UNIVERSITAS BRAWIJAYA ATAS IMPLEMENTAIS MATERI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

SERI PENELITIAN & OBSERVASI MAHASISWA NO.2, 2025

Kontributor: Diah Wahyu Palupi; Ahmada Salmah ‘Azizah; Clarissa Dewi Rif’ani; Della Indriani; Safira Cahya Febrianti; Ripta Aprilia Putri Apiffah; M.Wildan Maulana; Leandro Octova R.; Putra Pangeran Jeremia; M.Fidhianto Nugroho; M.Abdiy Lillah Afis S.; Richard Maran Palembangan; Zahwa Hesta Nabilla; Aura Aulia Putri; Fairuz Aflaha Chabibah; Nida Fitriah Hanif; Amanda Salsabila; Zulfania Firda Ayu; Mariathul Azmi; Nia Dwi Zafitri Suyatno; Aurel Najiha Nashwa; Dzafine Andytalova; Sepfhilla Diva Amadea;

Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran strategis dalam membentuk warga negara yang kritis, bertanggung jawab, serta memiliki kesadaran tinggi terhadap hak dan kewajiban dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam konteks Indonesia, Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif mengenai sistem ketatanegaraan, hukum, dan politik, tetapi juga mencakup dimensi sikap serta keterampilan dalam berpartisipasi aktif dalam masyarakat.

Dimensi utama dalam Pendidikan Kewarganegaraan meliputi dimensi moral dan karakter, wawasan kebangsaan, kesadaran hukum, serta keterampilan partisipasi yang berkontribusi terhadap penguatan demokrasi dan pembangunan nasional. Tujuan utama pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan adalah membangun kesadaran dan pemahaman mahasiswa terhadap berbagai isu kewarganegaraan yang berkembang, serta mendorong mereka untuk menjadi agen perubahan yang berkontribusi dalam berbagai sektor. Oleh karena itu, penelitian- penelitian yang terangkum dalam kompilasi ini menjadi bukti nyata bagaimana mahasiswa mampu mengaplikasikan pemahaman akademis mereka dalam konteks nyata. Beberapa tema utama yang diangkat dalam hasil observasi ini antara lain:

1) Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Indonesia: Evaluasi Kebijakan dan Rekomendasi Strategis – Mengkaji kebijakan pendidikan nasional serta memberikan rekomendasi strategis dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

2) Policy Brief: Menyeimbangkan Perlindungan Anak dan Kewenangan Guru – Analisis terhadap implementasi Undang- Undang Perlindungan Anak dalam proses pendidikan, serta tantangan dalam menyeimbangkan perlindungan hak anak dengan otoritas pendidik.

3) Policy Brief atas Pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Ibu Kota Nusantara (IKN): Implikasi terhadap Ekonomi dan Lingkungan – Meneliti dampak dari kebijakan pemindahan ibu kota negara terhadap aspek ekonomi dan lingkungan.

4) Meningkatkan Ketahanan Pangan: Solusi Co-Creation melalui Agroforestri dan IoT dalam Pengelolaan Food Estate – Mengeksplorasi inovasi dalam ketahanan pangan melalui pendekatan teknologi dan keberlanjutan lingkungan.

Besar harapan bahwa hasil observasi ini dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi pengembangan kebijakan publik serta memberikan wawasan baru bagi pembaca. Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada seluruh mahasiswa yang telah berkontribusi, serta kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyusunan kompilasi ini. Semoga karya ini dapat memberikan manfaat yang luas dan menjadi inspirasi bagi pengembangan keilmuan di masa mendatang.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *