SERI PENELITIAN & OBSERVASI MAHASISWA NO.2, 2025
Kontributor: Tsaqif Ahmad ; Zaky Dwi Arianto; Fajarihza Mayestito; Moh Hikmal Fikri; Farhan Fauzan Febrian; Alif Suryoaji; Jihan Ihda Rufaida; Carolyne Amabel Sarah; Muhammad Sulton Hadi Tejo Arum; Rachel Anabeluthfiya Teratai Y.; Irsyahbana Aulya Dwi Andini; Mohammad Azhar Zanky Dhausad; Karina Zahira Aurelia; Najwa Irsalina Izzati; Natasha Abigail Gracia; Angela Gysellia Carmelita; Ammara Diva Nurdiani; Elsa Nindya Laksita; Hannanura Naufi; Marvella Callista P.S.;Shabrina Talitha ‘Ulayya; Sarastika Prismawardani; Sofiani Hanjani Soekarno; Syifa Fadillah; Rimandha Ajeng Fitranti R.; Nadiya Imawati; Fathianda Raysaffa; Zeinnita Yumna Almirah; Tiara Ramadhani Wijaya; Tiara Maharani Ramadhan; Theresa Ivana Rose: Nayla Geitsa Jihan Putri P; Raihan Zaki Pratama; Yahya Indrayani; Anggita Dwi Putri Fiandari; Abraham Axel Nicholas Siburian; Dirga Leonarda Saputra; Mohamad Rifan
Kata Pengantar: Galieh Damayanti, S.H., M.H.
Kompilasi ini merupakan refleksi dari pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, serta relevansinya dalam kebijakan publik dan kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila di Indonesia, khususnya di Universitas Brawijaya, memiliki peran strategis dalam membentuk karakter, kesadaran kebangsaan, dan pemahaman akan hak serta kewajiban sebagai warga negara.
Sebagai mata kuliah yang menitikberatkan pada nilai-nilai dasar negara, Pendidikan Pancasila tidak hanya berorientasi pada teori, tetapi juga mendorong mahasiswa untuk mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam kehidupan nyata. Dalam konteks akademik, pembelajaran Pendidikan Pancasila bertujuan untuk menanamkan empat dimensi utama, yakni:
1) Dimensi Filosofis, yang menegaskan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2) Dimensi Historis, yang menggali proses perumusan dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam perjalanan sejarah bangsa.
3) Dimensi Sosiologis, yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam dinamika kehidupan sosial masyarakat.
4) Dimensi Yuridis, yang menegaskan implementasi Pancasila dalam sistem hukum dan kebijakan negara.
Adapun tujuan utama dari pembelajaran Pendidikan Pancasila adalah membangun sikap dan pola pikir mahasiswa yang kritis serta bertanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk generasi yang berintegritas, menjunjung tinggi etika profesi, serta memiliki kesadaran yang tinggi terhadap persoalan kebangsaan. Kompilasi penelitian ini mencakup berbagai isu strategis yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, yang dituangkan dalam bentuk policy brief, antara lain:
1) Policy Brief atas Etika Profesi sebagai Pilar Kepercayaan dan Profesionalisme
2) Mengurangi Ketimpangan Pendapatan di Indonesia melalui Kebijakan Pajak yang Lebih Progresif
3) Policy Brief atas Layanan Keamanan dan Kenyamanan oleh Pihak Berwajib di Lingkungan Kampus 4) Policy Brief atas Pendidikan Berkualitas di Daerah Tertinggal
5) Policy Brief atas Polusi Udara dan Dampaknya terhadap Kesehatan di Kota Besar Indonesia: Tantangan dan Kebijakan Transportasi
6) Policy Brief atas Optimalisasi Sistem Transportasi Umum Terintegrasi di Kota Besar Indonesia: Tantangan dan Solusi Kebijakan
Dengan adanya penelitian ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan dalam berbagai kebijakan dan aspek kehidupan. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyusunan kompilasi ini, terutama kepada mahasiswa yang telah berupaya menghasilkan karya.
Leave a Reply